Jumat, 22 Agustus 2014

Tips Berpergian Ke Luar Kota

 Berpergian ke luar kota merupakan salah satu hal yang kerap dinanti-nanti saat liburan. Tempat maupun tujuan berpergian itu pun bermacam-macam, mulai dari sekedar jalan-jalan ke tempat wisata, ke rumah saudara, hingga memang ada keperluan dinas atau tugas. Ada beberapa masalah yang kerap timbul ketika dalam perjalan mencapai tempat tujuan yang jauh dari rumah kita tersebut. Anda pernah kecopetan, dihipnotis, hingga berbagai kejahatan yang kerap muncul di perjalanan itu? Tentu itu merupakan petaka yang buruk ketika dalam perjalan ke luar kota. Pada saat menuju tempat tujuan pernahkah Anda diketok harga tinggi ketika menaiki angkutan umum atau makan di lokasi tujuan? Itulah fakta yang sering terjadi di sekitar kita. Terlihat seperti orang asing memang menjadi momok dalam perjalanan ke luar kota. Pasalnya, kita akan lebih mudah ditipu orang. Berikut ini ada beberapa cara pencegahan maupun tips-tips agar perjalanan Anda nyaman tanpa ditakuti oleh penipuan maupun kejahatan jalanan.


Bawalah keperluan perjalanan Anda secukupnya. Usahakan jangan terlihat berlebihan. Tidak memperlihatkan barang berharga seperti perhiasan, handphone, dan gadget adalah upaya untuk mencegah tindak kejahatan. Barang bawaan sebaiknya dibuat ringkas. Sebisa mungkin anda terlihat seperti beraktifitas sehari-hari. Anda tidak perlu membawa ransel besar, kardus berisi barang, atau tas besar lainnya yang mengidentikkan Anda sebagai orang asing yang sedang berpergian.
 

Berpakaianlah yang selayaknya dan sewajarnya. Ini adalah trik kamuflase. Agar Anda tak terlihat seperti orang asing maka menyamarlah seperti orang yang biasa saja, seperti tidak sedang berpergian. Anda tidak perlu ber-makeup berlebihan. Pakai sandal seadanya dan pakai baju sehari-hari di saat perjalanan, baik di bus maupun kereta. Dengan begitu, anda tidak akan terlihat sedang jalan-jalan.
 

Jangan menaruh uang di satu tempat. Menaruh semua uang di dompet akan sangat berbahaya. Sebab, jika dompet itu kecopetan Anda tidak akan punya uang lagi untuk melanjutkan perjalanan Anda. Oleh karena itu, taruhkan uang Anda di beberapa tempat yang amat. Di saku belakang harus ada, di saku depan ada, di dalam tas ada, di sepatu ada, semua ditaruh secara acak, namun tidak menyulitkan Anda ketika ingin menjangkaunya saat membutuhkan uang itu. Anggarkan dan pisahkan secara cermat berdasarkan kebutuhan Anda. Jika uang itu untuk ongkos bus, maka taruh di kantong depan saja agar mudah dikeluarkan.


Agar Anda tidak diketok harga mahal ketika akan menaiki angkutan umum, Jangan langsung naik angkutan yang belum pernah kita naiki sebelumnya itu. Hentikan perjalanan Anda sementara waktu. Carilah tempat singgah seperti masjid, taman, atau tempat umum lainnya. Di sana, Anda harus melakukan observasi atau pengamatan kecil-kecilan. Di masjid Anda lebih mudah menemukan orang jujur. Tanyakan kepadanya perkara angkutan yang hendak Anda tumpangi. Tanya berapa ongkosnya mencapai tujuan Anda, alternatif angkutan, hingga jam operasi angkutan itu. Hal itu akan memudahkan Anda mengetahui informasi yang sebenarnya, hingga Anda pun tidak akan mudah untuk ditipu.
 

Disarankan Anda mengetahui bahasa di lokasi tujuan. Lebih baik jika Anda menguasai bahasa setempat. Tidak hanya kosakatanya saja, semakin baik jika Anda memahami logat pengucapannya. Jika Anda menguasai bahasa setempat, tentu orang tak akan menyadari bahwa Anda ternyata orang asing. Masyarakat setempat akan lebih menyukai orang yang bisa menguasai bahasa setempat.
 

Pahami adat istiadat yang ada dalam masyarakat tujuan Anda. Jika tujuan anda suatu desa, maka anda perlu mengetahui kehidupan masyarakat desa tersebut, yang mungkin berbeda dengan budaya di kota asal Anda. Anda perlu tahu apa yang dilarang di desa itu, dan apa yang diwajibkan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan menjalankan sesuatu yang dilarang. Itu akan berdampak negatif bagi hubungan sosial terhadap masyarakat setempat.

Demikian tips-tips yang bisa Anda pergunakan agar perjalanan Anda lebih nyaman dan terhindar dari tindak kejahatan dan malapetaka. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda yang sedang ingin melakukan perjalanan.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar