Minggu, 09 Februari 2014

Toyota: Etios Valco Tawarkan Banyak Keunggulan



Toyota selalu berkeinginan memiliki jajaran produk yang lengkap. Di Segmen MPV, Toyota mengakui sangat sukses mulai dari kelas Atas Alphard, Menengah Noah dan Innova, hingga terutama Low MPV Avanza.

“Namun, waktu itu kami merasa ada yang kurang di Segmen Hatchback. Kami hanya punya Yaris,” kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor. “Oleh sebab itu munculah Etios Valco.”

Ditambahkan oleh Rowan Suhendy, Product Manager Etios Valco, bahwa Toyota punya hatchback bermesin 1,0 liter, yakni Agya, meski belum dipasarkan karena menunggu regulasi LCGC. “Kami melihat ada sebuah celah antara Yaris dan Agya. Dan hasil study kami menyimpulkan ada pasar yang bagus untuk Etios Valco.”

Masuknya Etios Valco ke Indonesia, boleh dibilang agak terlambat. Nissan (March), Mitsubishi (Mirage) dan Honda (Brio) lebih dulu  mengisi segmen ini.

“Tapi Etios Valco punya banyak keunggulan dan nilai-nilai layaknya sebuah mobil,” kata Rowan. “Etios Valco dirancang  bagi mereka yang mencari mobil kecil (compact) namun berkabin dan berbagasi luas.”

Etios Valco diuntungkan dengan ground clearance tertinggi di kelasnya dengan 170 mm vs 141 mm March vs 160 mm Mirage. Sementara wheelbase Etios Valco terpanjang dengan 2460mm (seperti Yaris) vs 2440 mm March vs 2450 mm vs 2345 mm.

Bahkan, mesin 3NW-FE 1,2 liter 4-silinder DOHC Etios Valco (80 PS) menjadi salah satu mobil paling bertenaga. Mesin Mirage 77 PS dan March 76 PS. Tenaga Brio (100 PS) terbesar.

Untuk fitu-fitur keselamatan ada rem ABS dan EBD di Etios Valco G. Namun semua Etios Valco mengadopsi collapsible steering column (batang kemudi akan patah jika terjadi tumbukan) serta sepasang airbag. Electronic Power Steering (EPS) hadir di Etios Valco G dan E, kecuali J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar