Selasa, 21 Januari 2014

Cara Merawat Mobil Dan Aksesoris Avanza



Aksesoris Avanza yang terdapat pada mobil Toyota Avanza anda sudah mulai rusak, maka sebaiknya anda menggantinya karena itu merupakan pilihan yang tepat agar anda terhindar dari kejadian yang dikarenakan suku cadang atau spare parts yang sudah tidak layak pakai. Namun pada spare part mobil harga kisaran yang cukup mahal membuat anda berfikir ulang untuk membelinya, kadanga kadang anda juga pasti pernah berfikir walaupun telah mengalami kerusakan kalau masih berfungsi, ya pakai aja. Nah mulai sekarang buang jauh jauh pemikiran seperti itu, karena itu hanya dapat merugikan anda sendiri dan mobil yang anda miliki. Karena jika salah satu spare part rusak bisa saja merembet pada bagian bagian lain yang berhubungan sedangkan pada dasarnya semua bagian pada mobil merupakan sesuatu yang saling berhubungan dan saling tergantung atara satu dengan yang lainnya. Bukan hanya pada spare part engine aja yang harus anda rawat, tapi juga anda harus melakukan perawatan  pada bagian body mobil anda. Sebab bagian body ini merupakan tampilan yang paling utama sehingga merupakan bagian yang paling pertama dilihat oleh orang lain. Sebelum orang lain melihat bagian mesin maka yang paling pertama dilihat adalah bagian body yang dapat dilihat secara kasat mata.


            Berikut adalah aksesoris Avanza yang harus diberikan perawatan agar tetap awet dan berfungsi secara maksimal layaknya mobil baru pada  umumnya :

1.      Warna
Warna mobil anda merupakan paling utama sebagai ciri khas mobil anda, jangan dibiarkan cat warna mobil anda memudar. Perawatan yang dapat anda  lakukan untuk cat mobil agar tetap awet adalah dengan melakukan pencucian yang teratur dan anda dapat melakukan pemolesan secara berkala setiap beberapa bulan tertentu. Penggunaan shampo mobil yang cocok juga akan mempengaruhi kekuatan warna mobil yang anda miliki. Jika anda akan memarkir kendaraan baik dalam waktu yang sebentar atau dalam waktu yang lama sebaiknya ditempat yang tertutup,  jangan membiarkan mobil tersinari matahari secara langsung karena akan merusak dan akan memudarkan warna cat mobil anda. Jika terkena hujan, sebaiknya langsung dicuci jangan membiarkan ada kotoran yang menyatu dengan body mobil anda karena itu akan menjadikan sesuatu yang berbekas.

2.      Ban
Untuk menjaga ban agar tetap awet sebaiknya anda menggunakan tekanan dan kualitas angin yang baik dan melakukan pergantian ban setiap 50.000 km hingga 80.00 km dan diwajibkan untuk selalu membersihkan debu yang menempel pada rem.

3.      Aki dan Radiator
Pengecekan secara teratur akan selalu menjaga aki dan radiator mobil anda agar tetap terawat sehingga aki dan radiator anda awet. Jangan membiarkan air aki hingga habis karena akan merusak bagian dalam pada aki.

4.      Pelumas Dan Mesin
Diwajibkan untuk mengecek jumlah pelumas dan kualitas pelumas setiap 2 minggu sekali, baik pelumas pada oli mesin, transmisi, pada axle, power stering, pada rem dan pada kopling. Dan jangan lupa sekaligus untuk mengecek performa pada mesin mobil anda, jika anda menemukan bunyi yang asing yang bukan merupakan bunyi normal mesin sebaiknya anda segera ke bengkel untuk di cek dan jangan lupa untuk mengganti belt pada setiap jarak 25.000 mil.

Itulah cara merawat mobil dan aksesoris Avanza agar tetap awet dan tetap terlihat segar walaupun sudah memiliki umur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar