Jumat, 26 April 2013

15 Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2013

Melihat semakin pesatnya perkembangan pasar mobil nasional, membuat para produsen semakin berinovasi dengan produk barunya. Segmentasi pasar dari tahun lalu terbilang tidak berubah, MPV masih merajai penjualan.

Terhitung sampai akhir Januari 2013 ini saja duet maut si kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia masih menempati posisi teratas. Yakni urutan pertama untuk Avanza, menyusul Xenia di urutan ketiga.

Hal yang menjadi fenomenal adalah kemunculan segmen MPV terbaru dari Suzuki yakni Ertiga. MPV Suzuki ini mampu merangsek naik ke peringkat 4, dimana pada data statistik akhir tahun 2012 masih menempati urutan ke-8.

Untuk kelas SUV, per Januari 2013 ini pihak Toyota pantas berbangga hati dengan Rush-nya yang mampu memimpin segmen mobil ini. Sedangkan untuk segmen city car hatchback, posisi teratas mampu digeser oleh Honda Jazz dimana akhir 2012 lalu ditempati oleh Toyota Yaris.

Untuk lebih jelasnya berikut urutan 15 mobil terlaris Indonesia terhitung dari data statistik (data olahan otosia.com) per akhir Januari:

15. Daihatsu Gran Max
Daihatsu Gran Max yang merupakan satu-satunya MPV niaga masih mendapatkan tempat tersendiri bagi kalangan pebisnis dan juga sebagian keluarga Indonesia.

Daihatsu Gran Max minibus per akhir Januari 2013 ini mampu terjual sekitar 993 unit. Sehingga menempatkannya pada urutan ke-15.

14. Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport merupakan kendaraan SUV Diesel yang tidak hanya tangguh dan handal melibas medan berat. Namun tetap stylish dan menghadirkan prestise tinggi.

Sehingga pada bulan Oktober 2011 diluncurkan Pajero Sport Dakar Model Year 2012.

Pajero Sport dibekali mesin 2.5 liter Intercooled Turbocharged DI-D Common Rail (4D56). Dengan Variable Geometry Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 178 hp pada 4.000 rpm.

Hingga saat ini sudah 15 penghargaan diraih oleh Pajero Sport, semenjak diluncurkan tahun 2009.

Mitsubishi Pajero Sport menyumbang angka penjualan sekitar 1.008 unit. Menempatkannya pada urutan ke-14 dalam daftar penjualan mobil nasional.

13. Ford Ranger
Ford Motor Indonesia melihat prospek dari masih banyaknya jalan jelek di Indonesia. Ford Ranger biasa dipakai di perkebunan dan pertambangan ini disebut tangguh.

Sejak dipasarkan dari tahun 2002 hingga kini, Ford mengaku sudah menjual 40.000 pick up tersebut. Faktor kendaraan segala medan, tenaga dan torsi jadi pokok-pokok yang diunggulkan.

Ford Ranger sendiri telah mencatatkan penjualan sekitar 1.037 unit per Januari ini. Sehingga menempatkannya pada urutan ke-13 dalam penjualan mobil nasional.

12. Suzuki APV
Suzuki APV yang diluncurkan tahun 2004 silam dan telah beberapa kali mengalami pengembangan produk ini masih banyak diminati konsumennya di Tanah Air.

Sehingga menjadikan APV sukses sebagai salah satu petarung kategori kendaraan keluarga.

Keberhasilan APV memang tak sebanding dengan Ertiga yang sedang 'booming'. Namun setidaknya APV masih menjadi pilihan konsumen Suzuki.

Tercatat penjualan Suzuki APV per Januari ini mencapai angka 1.356 unit, yang menempatkannya pada posisi ke-12 penjualan mobil nasional.

11. Toyota Yaris
PT Toyota-Astra Motor menunjukkan bukti keyakinannya terhadap penjualan produk mereka. Baru saja mengawali bulan di tahun 2013, Toyota Yaris sebagai produk kompak sudah terjual sebanyak 1.529 unit.

Sehingga menempatkannya pada urutan kesebelas dalam penjualan mobil nasional.

Hal tersebut mengindikasikan pertumbuhan angka penjualan sebesar 28,7 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu, sebanyak 1.188 unit.

10. Daihatsu Terios
Sebagai kembaran Toyota Rush untuk segmen SUV menengah ke bawah, Daihatsu Terios menempel dekat dengan penjualan Rush dengan menyumbang sekitar 1.600 unit.

Sehingga posisi Terios berada pada urutan kesepuluh, berada di bawah posisi Honda CR-V.

9. Honda CR-V
Setelah New Honda Jazz, All New Honda CR-V menjadi penyumbang penjualan Honda terbesar selanjutnya, dengan terjual sebanyak 1.891 unit di kelas SUV sepanjang Januari 2013.

Sehingga menempatkannya pada urutan kesembilan pada angka penjualan nasional sementara kali ini.

8. Toyota Fortuner
Diperkuat segmen SUV premium, Toyota, lewat Fortuner turut meningkatkan penjualan total dengan rekor penjualan sebanyak 405.414 unit.

Angka ini tumbuh 30,5 persen tahun lalu dibandingkan penjualan satu tahun sebelumnya.

Toyota Fortuner sendiri per akhir Januari 2013 ini menyumbang penjualan sekitar 2.209 unit, yang menempatkannya pada urutan kedelapan.

7. Honda Jazz
Sejak diluncurkan pada 22 Januari 2013 lalu, penjualan New Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 2.337 unit di bulan pertama pada tahun ini.

Sehingga menempatkannya pada urutan ketujuh angka penjualan nasional per akhir Januari ini.

Menjadikan produk Honda di kelas hatchback ini menjadi penyumbang terbesar untuk total penjualan Honda di Indonesia pada bulan Januari 2013.

Sepanjang bulan Januari 2013, secara total 5.746 unit mobil Honda telah terjual di seluruh wilayah Indonesia. Dan penjualan Honda di bulan pertama tahun ini mendukung tren positif penjualan di tahun 2013.

6. Toyota Rush
PT Toyota-Astra Motor membukukan penjualan yang tinggi pada segmen SUV. Pertumbuhannya pun cukup signifikan sebesar 43,9 persen pada 2012 dengan total penjualan 53.724 unit.

Kini per Januari 2013 Toyota Rush dengan angka penjualannya sekitar 2.611 unit, menempatkan dirinya di urutan keenam. Hal ini masih menjadi prestasi Toyota, mengingat dalam segmen SUV, Rush masih bisa dibilang merajai kelasnya.

Walau laris, Toyota Rush sebenarnya belum menyuguhkan perubahan model sejak terakhir dipermanis pada 2010. Di Jepang, Toyota Rush sendiri hadir dengan sedikit perubahan untuk versi 2013.

Perubahannya mencakup head restrain jok depan, dan penambahan sabuk keselamatan 3-titik di jok belakang bagian tengah.

5. Nissan Grand Livina
Hingga akhir fiskal 2012 (Maret 2013), PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menargetkan penjualan lebih dari 90,000 unit, dengan pencapaian pangsa pasar 10 persen.

Untuk mendukung hal ini, New Nissan Grand Livina model tahun 2012 diharapkan dapat berkontribusi besar dengan target penjualan per bulan sebesar 3.000 unit.

Nyatanya, Nissan Grand Livina per akhir Januari 2013 mampu menempatkan dirinya di urutan kelima dengan menyumbang 3.457 unit.

Sebagai pesaing ketat Suzuki Ertiga, small MPV ini sering bertukar posisi dalam angka penjualan. Dimana posisinya berada tepat di atas penjualan Ertiga per akhir tahun 2012 lalu. Namun, kini giliran Ertiga berada di atasnya.

4. Suzuki Ertiga
Hingga akhir Januari 2013 saja, Suzuki sudah melaporkan hasil penjualannya sebesar 12.929 unit, dan lagi-lagi lebih dari 50 persen disumbangkan dari penjualan Ertiga.

Ertiga sendiri menyumbangkan 5.467 unit, sehingga menempatkannya di urutan keempat. Kendaraan niaga Suzuki pun turut mendukung meningkatnya penjualan Suzuki.

Untuk terus melancarkan peningkatan penjualannya di tahun 2013 ini, melalui pabriknya di Tambun, Suzuki terus meningkatkan produksi dari 5.000 menjadi 7.000 unit per bulan. Dan akan menargetkan penjualan di tahun 2013 sebesar 200.000 unit.

3. Daihatsu Xenia
Sebagai kembaran dari Toyota Avanza boleh jadi angka penjualan 'mobil sejuta umat' ini juga ikut terkatrol. Daihatsu memang dikenal juga sebuah produsen yang terkenal di Tanah Air. Sehingga segmentasi pasarnya, meskipun kembar, memiliki fans fanatik tersendiri.

Daihatsu Xenia mencatatkan namanya pada urutan ketiga dengan penjualan sekitar 5.905 unit.

2. Toyota Innova
Menyandang nama besar Toyota Kijang memang tak mudah bagi Innova. Apalagi, Toyota Kijang selalu 'laris manis' terjual di Tanah Air, hingga mendapat julukan 'Mobilnya Orang Indonesia'.

Walau Toyota telah merilis model medium MPV yakni Avanza sampai yang terbaru New Avanza, namun tetap saja pamor Innova berkibar dan mendapatkan tempat di hati para konsumen Toyota Kijang di Indonesia.

Hadir dengan sejumlah fitur baru, Innova dibanderol dengan harga yang tetap terjangkau oleh situasi masyarakat Indonesia.

Sehingga Toyota Innova menempatkan dirinya pada urutan nomor dua teratas dengan angka penjualan sekitar 7.383 unit.

1. Toyota Avanza
Toyota Avanza masih bercokol peringkat teratas (nomor satu) untuk mobil terlaris Tanah Air terhitung per akhir Januari 2013 ini.

Pasar kita mampu menyerap MPV 'sejuta umat' ini dengan angka penjualan sekitar 17.471 unit.

Meskipun demikian beberapa kompetitor seperti Suzuki dan Chevrolet tengah bersiap-siap untuk merebut dominasi tersebut. Dengan kehadiran Ertiga dan rencananya Chevy Spin, seakan-akan semakin dekat membuntuti Avanza dan kembarannya, Xenia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar